oleh

Kabar Duka!! Zhao Zhendong Penemu Vaksin Covid 19 Sinovac Wafat. Cek Faktanya

ATAMBUA. RajawaliNews.id– Beberapa hari belakangan media sosial viral tentang kabar duka penemu vaksin COVID-19 Sinovac meninggal dunia. Informasi viral tersebut mengatakan sang ilmuwan, Zhao Zhendong, meninggal usai kelelahan bekerja keras 200 hari mengembangkan vaksin Sinovac.

“Ia meninggal dunia pada usia 53 tahun. Bukan karena COVID, tapi kelelahan dan asam lambung. Selama 200 hari dia kerja keras siang malam bersama teamnya,” tulis satu pengguna Facebook bernama Erizeli Jery Bandaro pada 29/01/2021

Hasil penelusuran RajawaliNews, Zhao Zhendong ternyata bukan meninggal karena kelelahan dan asam lambung, seperti yang viral di media sosial. Zhao meninggal akibat serangan jantung.

“Zhao, 53 tahun, yang memimpin tim dukungan teknis untuk penelitian dan pengembangan vaksin COVID-19 di bawah Dewan Negara, Kabinet Tiongkok, meninggal karena serangan jantung pada 17 September di Bandara Internasional Ibu Kota Beijing,” tulis media pemerintah, China Daily.

Ditemukan unggahan-unggahan seputar kematian Zhao Zhendong yang bersumber pada artikel dari China Daily. Dijelaskan bahwa Zhao adalah seorang ahli imunologi dari Chinese Academy of Medical Sciences (CAMS).

Sebelum meninggal, Mr. Zhao Zhendong dikabarkan baru menyelesaikan pemeriksaan pabrik pembuatan vaksin Covid-19. Ia juga sempat  bepergian ke Changsha, Provinsi Hunan, sebelum kembali ke Beijing.

“Ia baru saja ke Wuhan, Provinsi Hubei, untuk memeriksa pabrik pembuatan vaksin COVID-19. Selain itu juga bepergian ke Changsha, Provinsi Hunan, untuk berpartisipasi dalam konferensi akademis sebelum kembali ke Beijing,” lanjut artikel china daily

“Zhao yang bekerja sebagai pemimpin tim pendukung teknis penelitian vaksin COVID-19 meninggal dunia karena serangan jantung pada 17 September di Bandara Internasional Beijing,” tulis artikel tersebut dan dikutip Kamis (4/2/2021).

Hebatnya, penemu vaksin Covid-19, Mr. Zhao Zhendong, merupakan ilmuwan yang aktif riset di ResearchGate, dan telah menemukan 45 publikasi atas nama dirinya sendiri (*/R-Timor)

Komentar