oleh

Curah Hujan Tinggi, Dinas PUPR Belu “Banting Tulang”

BELU. RajawaliNews.id– Intensitas curah hujan yang cukup tinggi di Kabupaten Belu dalam sepekan terakhir cukup menggembirakan bagi Petani namun disatu sisi menjadi tantangan yang cukup serius bagi Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Belu.

Vincent Laka ST. Kepala Dinas PUPR Belu ketika dihubungi media ini mengatakan bahwa tingginya curah hujan selama beberapa pekan terakhir ini membawa dampak yang cukup serius bagi sarana prasarana seperti jalan raya serta perumahan rakyat.

“Kami telah mengidentifikasi beberapa titik bencana yang terjadi sepekan terakhir dalam wilayah kabupaten Belu akibat curah hujan yang tinggi. Ada jalan raya yang longsor, ada rumah warga yang hampir ambruk, ada saluran air yang tersumbat, genangan air di beberapa ruas jalan baik dalam kota maupun luar kota”. Urai Eng Laka

Kepala Dinas yang juga Ketua Pertina Belu ini menambahkan bahwa kita tidak bisa menyalahkan alam karena curah hujan yang tinggi sebab hujan bagus untuk beberapa sektor kehidupan seperti pertanian, perikanan.

“Kita tidak bisa menyalahkan hujan, justru hujan yang cukup akan sangat menguntungkan petani. Yang akan kami lakukan saat ini adalah bekerja banting tulang dengan fasilitas dan dana yang seadanya dan sebisa mungkin harus mampu mengatasi setiap akibat yang timbul dari tingginya curah hujan ini”. Tambah Laka sambil mengusap dagunya.

Dikatakan pula bahwa saat ini, dirinya  sudah melakukan koordinasi dengan Kementrian PUPR soal titik ruas jalan Sabuk Merah Perbatasan Fulur-Henes yang longsor dan saat ini sudah sedang dalam perbaikan dengan membuat jalur alternatif serta menimilasir kemungkinan longsor susulan sehingga bisa dilewati masyarakat.

Team Kerja PUPR dalam hal ini bidang Bina Marga, Bidang Cipta Karya dan bidang Sumber Daya Air juga sedang melakukan pengerukan sedimen tanah di irigasi Obor Raimanuk serta membersihkan saluran-saluran dalam Kota yang tersumbat serta fokus mengatasi genangan-genangan air yang ada di tengah jalan raya dalam kota.

Pada bagian akhir, Kepala dinas yang kerap disapa Kadis Brewok ini menyatakan dirinya dan team kerja Dinas PUPR Belu akan bekerja sekuat tenaga agar bisa memberi kenyamanan bagi masyarakat.

“Saya berulang kali memberi suport kepada team kerja dinas PU agar bisa bekerja maximal sehingga mampu memberi kenyamanan bagi masyarakat, namun demikian kami hanyalah manusia biasa jadi tidak mungkin bisa memuaskan semua orang. Kami terbuka kepada setiap kritik, masukan dan perbaikan dari semua pihak. Semua demi masyarakat dan kemajuan Rai Belu” Tutup Eng Laka. (Rio-Timor)

Komentar